5 Teknik Dasar Membuat Hand Lettering, Yuk Simak Caranya

5 Teknik Dasar Membuat Hand Lettering, Yuk Simak Caranya

Kalau kamu sudah menyimak artikel sebelumya  disini tentunya sudah memahami konsep dari lettering. Begitupun dengan peralatannya yang tentunya sudah siap untuk diaplikasikan. Sekarang waktunya kalian mempelajari dasar dasar membuat lettering dan simak penjelasannya dibawah ini.. Happy reading!!

  1. Latihan membuat upstrokes

Sebelum membuat lettering hal pertama yang seharusnya kamu lakuakn adalah pelemasan otot terlebih dahulu. Caranya kamu bisa latihan dengan membuat upstrokes atau membuat garis dari bawah ke atas. Ambilah kertas kosong dan brush pen yang atau fine liner kemudian buat garis memancang yangdimulai dari bawah keatas. Buatlah garis tersebut sampai kamu menjadi terbiasa. Kalo kamu masih bingung lihat gambar dibawah ini

  1. Downstrokes

Cara selanjutnya dalam membuat lettering adalah latihan membuat downstroke, garis tersebut dibuat dari atas ke bawah. Kamu bisa memulainya dengan membuat garis memanjang dari atas ke bawah sampai tanganmu menjadi terbiasa membuatnya. Hasil membuat downstroke lebih tebal dari upstrokes karena pada saat menggoreskannya brush ditekan lebih ekstra.

  1. Garis sambung upstrokes dan downstrokes

Apabila kamu sudah lancar dan terbiasa membuat upstroke dan downstroke, langkah selanjutnya adalah membuat berangkai dan menyambung. Buatlah garis dari atas ke bawah kemudian sebaliknya dari atas kebawah secara berulang dan menyambung, ulangi langkah ini samapi menjadi terbiasa.

  1. Menulis huruf

Setelah 3 langkah sebelumnya sudah lancar sekarang saatnya menulis huruf. Kamu dapat memulainyai dari huruf A sampai Z. Mulai lah dengan perlahan dan jang takut melakukan kesalahan agar tanganmu tidak kaku saat menulis hurufnya. Tetapi pada fakta sebenrnya lettering tidak melulu soal huruf yang menyambung tetapi  trend ini popular diantara anak nuda saat ini.

  1. Tracing Paper

Tracing paper ini dapat membantumu ketika kamu merasa sulit saat menulis huruf rangkai atau huruf menyambung. Langkah pertamanya letakkan tracing paper diatas huruf yang ingin kamu jiplak, kamu bisa mendapatkannya dari buku atau dari internet kemudian kamu print.  Permukaan kertas tracing ini bertekstur halus sehingga sangat cocok untuk membantu kalian latihan menggambar huruf.

  1. Faux Lettering

Faux lettering adalah dasar yang harus kamu pelajari untuk membuat lettering. Mungkin kalian baru mendengar pertama kali istilah ini. Jadi, faux lettering adalah teknik pada lettering untuk membuat tulisan atau huruf seperti efek brush tanpa perlu menggunakan brush pen yang seharusnya. Apabila kamu tidak memiliki brush pen , teknik ini biasanya umum digunakan. Kamu cukup menggunkan pensil, pena, spidol, maupun drawing pen kamu sudah bisa menciptakan efek Brush pada letteringmu.

Dengan memperbanyak latihan teknik teknik dasar lettering seperti contoh diatas akan membuat kamu menjadi mahir membuat lengkukan yang indah dalam karya hand lettering milik mu.

Sumber :

Nah sekarang waktunya kamu hunting dan memperbanyak peralatan lettering mu. Toko online yang bisa kamu kunjungi untuk melengkapi koleksi peralatan lettering ada disini.

 

Kamu bisa mendapatkan berbagai peralatan lettering yang kamu idam-idamkan denagn harga terjangkau, pengiriman yang cepat dan kualitas yang terpercya. Yuku buruan orderdenga mengklik gambar dibawah ini

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *