Mengenal Istilah-istilah Dalam Hand Lettering

Mengenal Istilah istilah dalam lettering

Kalo sudah masuk ke dunia lettering pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah-istilah ini. Kalaupun kamu belum pernah mendengarnya kemumgkinan besar kamu pernah mengalamainya. Istilah tersebut adalah Ghosting, Bleeding dan juga feathering. Bagi kalian yang belum pernah mendengarnya simak penjelasan berikut ini.

  1. Ghosting

Yang dimaksud dengan ghosting adalahtinta yang kamu goreskan di kertas akan berbayang atau tembus dibagian belakang kertas meskipun tulisan tersebut tidak jelas. Bagi kalian yang menggunkan hanya satu bagian kertas saja tentunya ghosting ini tidak terlalu menggangu

  1. Bleeding atau Bleed Through

Istilah ini terjadi apabila tinta mu menembus ke bagian belakang kertas sampai terlihat jelas bahkan sampai menembus ke bagian halaman selanjutnya. Apabila kamu menggunakan kertas yang tidak tebal maka kesalahan ini akan sering terjadi terutama ketika kamu menggunakan pena dan marker. Tinta yang basah akan rentan menembus kertas. Kamu bisa menghindari hal ini agar tidak terjadi dengan menggunakan kertas HVS yang kamu selipkan dibagian belakang halam yang sedang kamu gunakan, sehingga ketika terjadi bleeding maka yang akan terkena tinta dalah kertas HVS tersebut dan halaman selanjutnya tetap aman.

  1. Feathering

Yang dimaksud dengan feathering ketika tinta yang kamu goreskan dikertas menyebar dikertas dan muncul seperti bulu-buku halus dibagian pinggir tulisan. Feathering etrjadi karena kertas yang kamu gunakan tidak bisa menahan aliran tinta yang kamu gunakan. Feathering ini biasanya terjadi jika kamu menggunakan kertas HVS dengan tinta yang cair. Efek feathering semakin terlihat jelas apabila kamu menulis dengan tempo yang lambat.

 

Penyebab Ghosting, Bleeding dan feathering

Tentunya penyenbab utama nya adalah tinta dan kertas. Setiap kertas memiliki daya serap yang berbeda terhadap tinta. Sebagai contoh mudahnya yaitu kertas tisu dan kertas koran dengan karakternya yang tipis sehingga apabila digoreskan tinta maka tidak hanya sekedar ghosting tapi juga akan membuat feathering bahkan bleeding.

 

Formula tinta pun juga meiliki karakter yang berbeda beda. Ada tinta yang berjenis kering seperti pulpen standard atau semacam pulpen gel, kemudian ada tinta basah seperti brush pen. Tinta yang basah ini akan mudah mengalami ghosting, bleeding dan feathering.

 

Cara menghindari ghosting, bleeding dan feathering

Belum ada trik khusus untuk menghindari kesalah-kesalahan ini. Kamu bisa menggunakan kertas yang sesuai agar aman dan terhindar. Misalnya kamu menggunakan marker atau spidol maka gunakan kertas yang memamng dibuat untuk marker seperti Canson XL Marker.

 

Kertas mahal juga tidak menjaminbisa cocok dengan banyak jenis tinta.  Seperti contohnya  Moleskine yang betekstur halus, tebal dan terbuat dari bahan yang berkualitas tetapi tidak cocok untuk jenis fountain pen karena tidak rancang untuk tinta jenis itu, jadi kesimpulannya kamu harus mencari kertas yang sesuai dengan tintanya.

 

Nah sekian ilmu tentang letteringnya, dan kamu bisa membaca dipostingan selanjutnya….

Kalo kamu masih bingung nyari toko perlatan lettering dimana, akamu bisa mengunjungi laman berikut ini (Deiji Studio)

 

Jadi ini adalah olshop yang menjual berbagai peralatan lettering, kamu bisa menemukan berbagai tinta seperti pukpen gel, brush pen, drawing pen, stabile dan masih banyak lainnya lagi dengan harga yang terjangkau dan pengirimannya yang cepat.

 

Happy Weekend !!

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *